5 Tips Cerdas Tetap Fit Saat Musim Hujan



Akhir-akhir ini hujan mulai mengguyur beberapa lokasi di Indonesia, khususnya JABODETABEK. Ini pertanda bahwa musim penghujan telah tiba. Intensitas hujan mulai meningkat begitu juga dengan tubuh yang akan rendan terkena virus atau bakteri selama musim penghujan datang. Terlebih untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan, acap kali dengan mudah terserang batuk dan flu jika tidak dijaga. Simak yuk 5 tips cerdas tetap fit selama musim penghujan.



1. Lindungi Tubuhmu

Printerest


Musim penghujan memang membuat kita lebih ekstra menjaga badan supaya tidak terhindar dari berbagai penyakit. Terlebih untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan, pastikan tubuh kamu terlindungi dari hujan. Basah karena kehujanan bisa menjadi salah satu faktor penyebab demam dan gelaja flu. Jadi gunakan jas hujan atau paying ketika hendak keluar rumah menuju tempat kerja atau sekolah.




2. Perhatikan Makananmu

Pinterest


Jagalah higienitas dari apa yang kamu makan, pastikanlah makananmu cukup bergizi karena di musim penghujan kamu butuh ekstra antibody. Usahakan masak sendiri makananmu ketimbang beli di luar, khawatir tidak higienis bisa-bisa kamu jadi tumbang. Makanlah makanan sehat, konsumsi buat dan bila perlu minum vitamin untuk menjaga tubuhmu agar tetap fit.


3. Banyak Minum Air 


Pinterest


Biasanya di musim penghujan membuat kita malas bergerak, apalagi harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Cuaca dingin terkadang membuat kita malas juga untuk minum air. Jangan pernah menunggu haus untuk minum, karena ketika kita merasakan haus itu artinya tubuh sudah mulai dehidrasi. Jadi jangan malas ya untuk minum air saat musim hujan. Kalau kamu kurang minum kamu akan mudah dehidrasi dan akan membuat tubuhmu lemas, secara otomatis aktifitas pun terganggu. Selain itu, kondisi tumbuh yang lemas akan membuat virus mudah menyerang. Awas… jangan sampai malas minum air di musim penghujan membuat kamu terkena batuk dan pilek.




4. Atur Waktu Tidur

(stevanovicigor)

Nah pasti pernah merasakan jika musim penghujan datang, rasa kantuk sering tak tertahan. Hati-hati jangan sampah tidur kamu berlebihan. Perhatikan waktu tidurmu, karena terlalu lama tidur akan membuat badan menjadi lemas dan tidak semangat.



5. Jaga Kebersihan Lingkungan

www.dekoruma.com


Jangan dianggap sepele, menjaga lingkungan saat musim penghujan juga merupakan hal yang penting. Kuman akan bersemayam di area-area yang kotor, itu sebabnya memastikan lingkungan tetap bersih saat musim penghujan merupakan hal yang tidak boleh terlupakan. Salah-salah kamu bisa terkena penyakit karena lingkungan yang kurang bersih.


Banyak tip yang bisa kamu lakukan ketika musim penghujan, lakukanlah sebisamu karena kamu sangat perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap bersemangat meski hujan lebat.









11 komentar :

  1. Sejauh ini, hal tersulit buat aku ya mengatur waktu tidur.
    Kasihannya hal ini menurun keanakku yang baru 5tahun.
    Meski bangun pagi ga ada masalah, namun permasalahan tidur ini bisa ngefek kemana-mana ya...

    BalasHapus
  2. Udara dingin dan hujan seperti sekarang ini bisa seeing sakit kalau tidak menjaga kesehatan dan tugas banyak yang terbengkalai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tubuh sehat aktifitas tetap lancar jaya hehehe

      Hapus
  3. Di musim penghujan aku lebih waspada dengan atap rumah yang masih suka rembes. Beberapa hari lalu soalnya kejadian air ga diundang masuk ke ruang tamu dari atas. Tentunya tetap menjaga 4 hal di atas juga dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mba laras. Iya mba apalagi kalo punya bocil, mesti urus bocil juga supaya tetap fit di musim hujan

      Hapus
  4. Iyess sepakat. Kalo lagi musim hujan kaya begini emang lebih harus aware sama kesehatan. Aku juga jaga makan & tidur plus minum madu biar makin fit badannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneeerrr biar aktifitas gak terhambat penting banget buat kita jaga kesehatan badan ya mba

      Hapus
  5. Saat ini cuaca ekstrim banget ya, kl gak jaga daya tahan tubuh bisa2 tumbang dgn berbagai macam pentakit. Kaya saya baru2 ini demam dan tenggorokan.gak enak banget. Makan jg harus teratur dan perbanyak minum

    BalasHapus
  6. Musim penghujan ini memang segalanya basah, dingin dan kita butuh strong.
    Kalo basah lembab jadi bau ya Mba. AKu juga di belakang rumah lembab basah, malah ngundang tikus datang.
    Makasih tips cerdasya Mba Sel

    BalasHapus
  7. Udara dingin di musim penghujan menimbulkan perbedaan suhu, dan hak ini cenderung menyebabkan flu. Aku juga lagi usahain cukup minum air putih. Nah soal tidur ini masih kerap ga teratur :/

    BalasHapus

Made with by OddThemes | Customized by duniaqtoy