Nyobain Lele Mangut Mbah Marto



Perjalanan ke Yogyakarta minggu lalu adalah perjalanan ter-random bagi saya, karena ini adalah perjalanan tanpa perencaan sama sekali. Biasanya setiap kali ingin berpergian pastilah saya sudah mempersiapkan segalanya. Mulai dari tiket hingga jadwal perjalanan dan destinasi mana saja yang akan saya kunjungi. Apalagi soal destinasi wisata, benar-benar saya perinci hingga tidak ada yang boleh terlewat.




Lele Mangut Mbah Marto
(Dokumen Pribadi)




Berbeda dengan biasanya, 4 hari 3 malam di kota pelajar ini, saya dan suami berkeliling tanpa membuat itinerary hahaha.. jadi benar-benar tidak terencana. Salah satu yang tidak direncanakan adalah mencoba nikmatnya Lele Mangut Mbah Marto yang konon sudah legendaris itu. Kami baru menentukan kemana kami akan pergi ketika sudah berada di hotel tempat menginap hahaha memang tujuan kepergian kami ke kota tersebut untuk urusan pekerjaan, bonusnya jalan-jalan.


Memang agak sedikit penasaran ketika mendengar kata Lele Mangut, makanan khas Yogyakarta yang terkenal hingga keluar kota. Lele Mangut adalah masakan berbahan dasar ikan lele yang dimasak dengan kuah santan pedas dan menambahkan kencur kedalamnya agar tercipta cita rasa yang khas. Lele yang digunakan ada dua jenis, ada lele goreng dan lele asap.


ini yang ditunggu-tunggu
(Dokumen Pribadi)



Lele Mangut Mbah Marto ini menggunakan lele asap dengan aroma yang sangat lezat, membuat kami tak sabar menyantap masakan ini karena waktu yang ditempuh kurang lebih satu jam untuk sampai di lokasi. Terletak di Dusun Nggeneg, Sewon, Bantul, Mbah Marto menjual masakan khas ini. Meskipun lokasinya terpencil tapi tak pernah membuat rugi ketika berkunjung kemari.


Di warung milik Mbah Marto ini, kita bisa memilih dan mengambil sendiri menu yang kita inginkan. Kita juga bisa melihat cara memasaknya di Pawon (dapur) tempat mengola lele mangut yang masih menggunakan tungku.

Masaknya pakai tungku jadinya aromanya khas banget
(Dokumen Pribadi)


Liat cabenya bener-bener bikin nafsu makan
(Dokumen Pribadi)




Selain lele Mangut, Mbah Marto juga menjual jenis makanan lainnya dengan rasa yang juga menggungah selera seperti, gudeg, opor ayam, garang asem dan Brongkos.Lele Mangut di bandrol  dengan harga Rp20.000/porsi.  Buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB. Kalau ke Yogyakarta, jalan lupa mampir ke Lele Magut Mbah Karto ya….




 

Posting Komentar

Made with by OddThemes | Customized by duniaqtoy