"Quarry Walk" Jalan di Lokasi Reklamasi dalam Rangka HUT 44 PT Indocement





Jumat 16 Agustus 2019 saya dan beberapa rekan-rekan diundang dalam sebuah acara perayaan ulang tahun PT indocement. PT Indocement tunggal prakarsa adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia. Memiliki tiga komplek pabrik diantaranya terdapat 10 pabrik di Komplek Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat, 2 Pabrik di Komplek Pabrik Palimanan, Cirebon, Jawa Barat dan Satu Pabrik di Komplek Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Berkarya sudah lebih dari puluhan tahun untuk memproduksi semen berkualitas, seperti tagline yang junjung, Kokoh dan Terpercaya.






Ulang tahun PT  Indocement  ini sebenarnya jatuh pada tanggal 4 Agustus 2019 namun dimeriahkan tanggl 16 agustus. Perayaan ulangtahun ini dilakukan di 3 komplek. Kebetulan saya bersama sembilan teman lainnya menghadiri perayaan  di kompleks Pabrik Citeureup. Saya begitu tertarik ketika menghadiri undangan ini, bagaimana tidak karena saya ini lahir di Citeureup dan kebetulan bertempat tinggal di sekitar PT Indocement. Selain itu, informasi yang saya dapatkan adalah perayaan ulang tahun di Komplek Citeureup ini di khususkan untuk karyawan dan beberapa tamu undangan dengan mengajak para karyawan dan tamu berkeliling lokasi Reklamasi pasca tambang. Ini yang membuat saya tertarik. Rasa penasaran saya semakin menjadi, ingin mengetahui bagaimana perusahaan besar ini mengelola lahan bekas aktivitas tambangnya.







Bertempat  di sebuah lahan reklamasi bekas tambang atau yang disebut Komplek Quarry D ini, acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan melakukan senam bersama. Cuaca yang masih sejuk memang cocok untuk melakukan olahraga pagi. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh sejumlah direksi PT Indocement. Acara pembuka ini semakin meriah dengan dibukanya sebuah spanduk berukuran besar di tebingan setinggi kurang lebih 15 meter oleh para pecinta alam PT Indocement. 








Dan.... acara yang dinanti akhirnya datang juga... “Quarry Walk” berjalan menuju lokasi reklamasi pasca tambang. Dibagi menjadi empat kelompok untuk bergantian berkeliling lokasi, saat itu saya ikut dalam barisan kelompok ketiga dan terlihat jelas semua hadirin baik dari jajaran direksi, karyawan dan tamu undangan sangat antusias untuk berkeliling di lokasi reklamasi ini.
Berjalan di lahan reklamasi ini merupakan pengalaman yang baru bagi saya karena ini kali pertama saya melihat bagaimana sebuah perusahaan meperlakukan lahan bekas tambangnya.

Di lahan kebun Tegal Panjang ini PT Indocement  membuat lahan bekas tambangnya menjadi sebuah kebun dengan melakukan penanaman pohon yang kemudian lahan ini pun dapat digunakan untuk warga sekitar sebagai wadah edukasi pertanian. Kebun seluas 12 HA ini berisikan tanaman vegetasi batang keras dan lunak yang di kelola oleh 10 orang petani diantaranya 2 orang tenaga pengawas dan 8 orang petani kebun yang berasal dari desa mitra PT Indocement. Dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dengan memperkenalkan nilai ekonomi dari tanaman berbatang lunak seperti PohonCinta, Andong ataupun monsteraDengan diperkenalkan budi daya tersebut, dapat menghasilkan nilai ekonomi karena Pohon Cinta sudah memiliki pasar tersendiri dimana dibeli oleh pengusaha bunga papan/hias di Rawa Belong. Dari budi daya ini, omset perbulan petani Kebun Tegal Panjang mencapaiRp. 800.000-2.000.000/bulan tergantung hasil panen dari tanaman cinta dan hortikultur tanaman lainnya.

Selain itu ada juga beberapa pohon yang ditanam di lokasi Quarry D PT Indocement, diantaranya :

o    PohonMahoni
o    PohonJinjing
o    PohonDadap
o    PohonKetapang
o    PohonBintaro
o    PohonDaunKupu-Kupu
o    PohonPucuMerah
o    PohonJati
o    PohonKembang Sepatu
o    PohonGlodokanLokal (Polyantha Longifolia)
o    PohonBeringin
o    PohonTanjung ( MimosopsElengi)
o    PohonFlamboyan (DelonikRegia)
o    PohonMangga (MangiferaIndica)
o    PohonJohar
o    PohonCempakaManglit (MicheliaCampaka)
o    PohonTrembesi (SamaneaSaman)
o    PohonKembangKecrutan (SpatodheaCampanuliata)
o    Pohon Salam (Eugenia Polyantha)





Tak hanya sampah disitu, kami juga diajak menuju sebuah mata air yang terdapat di kawasan aktif tambang PT Indocement. Mata air Cikukulu  Quarry D yang terletak di Desa Lulut, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor dengan luas area konvervasi 5 HA. Ketinggian muka air Cikukulu ini mencapai 15cm pada musim kemarau dan pada musim penghujan mencapai 40cm. Hal ini membuat mata air Cikukulu tidak pernah kering selama kemarau yang dimanfaatkan 350 KK di sekitar area untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehar-hari. Selain itu, dari mata air ini PT Indocement juga melakukan pipanisasi air untuk warga Desa Leuwi Karet dan Desa Lulut. Wargapun tidak perlu khawatir karena mata air Cikukulu ini sudah memenuhi persyaratan air bersih yang tercanmun di Pemenkes No.416/MEN.KES/PER/IX/1990 mengenai standar kualitas air yang secara berlaka dilakukan pengujian setiap perenam bulan.




ini kaya lagi ada di lokasi wisata yak hahaa...


Finis dari rangkaian Quarry Walk ini ada di sebuah kawasan kebun bibit PT Indocement, terdapat berbagai macam jenis bibit yang bisa dimanfaatkan untuk penaman pohon selanjutnya. 

Jujur ini adalah perjalanan yang melelahkan tapi menyenengkan, kurang lebih saya dan rekan-rekan lainnya berjalan sekitar 5km mengelilingi lokasi reklamasi ini. Di hari jadi yang ke 44 tahun ini PT Indocement telah memberitahukan kepada kami upaya menjaga keanekaragaman hayati di lokasi bekas tambangnya. Selamat Ulang tahun PT Indocement semoga semakin berjaya dengan tetap menjaga lingkungan sekitarnya. Bergerak, Berkarya, Bersama!










27 komentar :

  1. Lumayan banget ya jalan kurleb 5km mah. Pegel juga. Untung yang dilihat menyenangkan ya. Hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan ti ahaha soalnya areanya luas banget. Untungnya aja ada pohon-pohonan jadi gak terlalu panas hahaha

      Hapus
  2. Indocement rata2 bangunan rumah oleh developer sini juga pakai indocement heuheu..

    BalasHapus
  3. PT Indocement luar biasa yak.
    Pencapaian korporasi top markotop, CSR dan pemberdayaan masyarakat juga Mantab jiwa!
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba jadi mereka juga ternyata aware buat kelola lahan bekas tambangnya

      Hapus
  4. Keren y program CSRnya dng
    Menanam pohon sekitar 5km di lokasi reklamasi ini. Di hari jadi yang ke 44 tahun

    BalasHapus
  5. program csrnya patut diberi jempol karena setelah penambangan, setelah penambagan ditanam pohon dijaga kelestarian alamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener aku aja yang tinggal disekitar sini baru tau mba hahaha

      Hapus
  6. Asyek donk jalan sehat haha.
    Wah ternyata bekas tambang itu bisa ditanami kembali ya mbak, dihijaukan gtu, tentu ini program yang keren sehingga keseimbangan alam tetap terjaga. Apresiasi deh buat Indocement.

    BalasHapus
  7. www.penceritadunia.com

    Seharusnya semua pabrik dan usaha tambang memang melakukan hal yg sama, karena ini memang kewajiban. Sayang memang, masih banyak yg belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju aku soal ini bang. Lahan bekas tambang emang harus diperbaiki miniman dilakukan penanaman kembali dan bener bang masih banyak perusahaan tambang yang lalai soal ini

      Hapus
  8. keren kalau begini, salut untuk PT. Indocement yang tetap menjaga kualitas air untuk masyarakat sekitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba pas kita lagi disana juga kita liat ada warga yg lagi ambil air

      Hapus
  9. Nah gini yang perlu dilakukan oleh perusahaan tambang, menjadikan area bekas tambang sebagai lahan yang produktif lagi. Keren PT Indocement yang udah melakukan reklamasi bekas tambang menjadi kebun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga perusahaan2 tambang lain bisa punya tanggung jawab yg sama ya mba

      Hapus
  10. Akh ikut bangga juga nih sama PT Indocement yang udah reklamasi bekas tambang jadi kebun. Satu hal yang tentu banyak manfaatnya buat lingkungan sekitar juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun terkagum-kagum hahaha secara ini depan rumahku banget mba jadi pas tau upaya mereka seperti ini yaa lumayanlah ya, berarti mereka juga bertanggung jawab sama lingkungan sekitar

      Hapus
  11. Patut dicontoh nih PT Indocement bisa menyuburkan kembali lahan bekas tambang dan menjadi kebun..semoga aktivitas seperti ini diikuti oleh perusahaan lain, agar Indonesia kembali hijau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku setuju banget soal ini ka.. semoga aja semua bisa melakukan hal yg sama

      Hapus
  12. Indocement memmbangun kembali lahan bekas tambangnya ya.. semoga nanti cepat hijau.. ini yang di citereup kan ya mba???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ki, ini yang di plan citeureup.. iyaa semogaa yaa kiiiii

      Hapus
  13. Indocement ini aku baru denger loh, ternyata mereka membangun kembali lahan bekas tambang agar bisa dimanfaatkan dengan baik ya

    BalasHapus
  14. Banyak juga pohon-pohon yang ditanam sekitar Quarry D itu. Pasti sejuk banget nih di sekitarnya. Ok juga pengelolaan lahan reklamasi PT Indocement.

    BalasHapus
  15. wah semoga semakin banyak yang merasakan CSR ala Indocement ini.. karena manfaatnya untuk jangka panjang besar banget.

    BalasHapus
  16. Indocement bikin lahan jadi produktif ya, dengan pohon Cinta, bernilai ekonomi tanahnya. Selamat Ultah ke 44 Indocement, semoga terus produktif dan memberikan kontribusi pada rakyat lewat CSR.

    BalasHapus
  17. Waah..mashaAllah~
    Semoga hasil penanaman kembali ini bisa dinikmati anak-cucu kelak.
    Seneng banget kalau ada perusahaan besar yang peduli lingkungan.

    BalasHapus

Made with by OddThemes | Customized by duniaqtoy