Sepetik Harapan untuk Sebuah Perkumpulan



Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang merupakan hari dimana warga negara Indonesia serta komunitas pengiat sampah, pendaki gunung dan komunitas lainnya melakukan berbagai Aksi yang mencerminkan kepedulian terhadap sampah. Begitupula yang kami (Saya, Arya, Buyung, Deri, Idung, Devi dan kawan-kawan) lakukan, tahun lalu (21/2) kami memepringati HPSN dengan melakukan sebuah teaterikal tentang sampah yang kami tampilkan di depan Walikota Bogor Bapak Bima Arya. 

Usai bermain teaterikal tersebut, kami berfikir apa yang harus dilakukan setelah ini. Jangan sampai hanya menjadi sebuah teater tanpa aksi. Alhasil kami bertemu dengan seorang pengiat sampah akrab dengan sebutan kang Agil dan Kang Gigin.

"Main ke basecamp Sekolah Relawan aja, nanti kita diskusi banyak" Jawaban singkat kang Agil kala itu dengan penuh keterbukaan. 

Singkat cerita, kami disambut hangat. Diberikan arahan dan masukkan bagaimana cara membuat suatu perubahan. Tanpa fikir panjang kami berdiksusi dalam sebuah grup yang pada akhirnya visi kami adalah Menggerakkan Anak Muda Melakukan Kebaikan. 

Bukan hal mudah memang mengatur dan membuat strategi agar kebaikan terus menular dan menjalar dibenak anak muda saat ini. Beberapa keputusan kami buat demi kelancaran. Sebagian ide pun bermunculan dari Saya, Arya dan Buyung yang kemudian kami kembangkan bersama dengan Deri dan Ardi. Sehingga kami menjadi koordinator atas terbentuknya suatu gerakan aksi lingkungan tersebut.

28 Februari 2016 hari pertama kami melakukan aksi lingkungan dalam sebuah program Clean Action dengan nama Cibinong Clean Action. Ditanggal tersebut pula, Cibinong Clean Action (CCA) resmi terbentuk. Gerakan Pungut Sampah (GPS) adalah salah satu kegiatan dalam program ini yang dilakukan setiap hari minggu di Pemda Cibinong. Tak sampai disitu, Sekolah Relawan merupakkan tempat belajar yang senantiasa mendampingi, mengarahkan dan bergerak bersama. Kami diajarkan banyak hal disana. Segala macam terkait pelaksanaan kegiatan CCA pun didukung penuh oleh Sekolah Relawan berserta guru-guru hebatnya. 

Mulai dari donasi, perlengkapan sampai arahan saat pelaksanaan selalu diberikan tanpa meminta imbalan. Memotivasi untuk selalu melakukan kebaikan. Apa yang diajarkan Sekolah Relawan kepada kami, senantiasa kami praktikan di CCA. 

Semakin hari CCA semakin bertambah personil, suatu prestasi bagi kami (berlima) juga sebuah "PR" besar untuk tetap memberikan yang terbaik bagi mereka.

Kami sadar bahwa tidak hanya sekedar kumpul bareng, tidak hanya sekedar bersama-sama melakukan kegiatan sosial, tidak hanya melakukan aksi punggut sampah. Tapi ada hal lain yang dibutuhkan, yaitu akomodasi untuk kelancaran kegiatan karena mayoritas dari CCA masih pelajar dan beberapa belum memiliki pekerjaan. Hal ini menjadi catatan bagi kami agar tidak "mandek" terbentur materi. 

Penting untuk upgrade ilmu, mencari relasi hingga beberapa dari kami resign dari pekerjaan. Untuk apa ? tak lain dan tak bukan demi sebuah visi "Menggerkan Anak Muda Melakukan Kebikan" dan tetap mendampingi mereka. Itupula yang saya lakukan. Memutuskan untuk resign untuk mengurus keluarga kecil dan mendampingi mereka di CCA. Harapan saya, fokus untuk CCA.

Namun, Allah berkehendak lain.
Sejatinya seorang pemimpin adalah mereka yang bertanggung jawab atas apa yang dilakukan anggotanya. Baru genap 3 bulan saya resign dari pekerjaan terdengar kabar yang kurang menyenangkan sehingga membuat kami melakukan suatu keputusan. Berat memang, tapi harus dikerjakan demi menjaga nama baik mereka. Kami berjuang demi mereka untuk tetap mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Apa yang kami lakukan, sama dengan yang sedang Abdul lakukan sekarang, salah satu anggota CCA.
Kami belajar dari Sekolah Relawan dimana apa yang diajarkan, apa yang kami dapatkan, kami bagikan dan terapkan di CCA. Begitupula dengan Abdul. Apa yang ia dapatkan di CCA, ia terapkan di Karang Taruna Lingkungannya.

Dan itulah yang melatarbelakangi mengapa kami hari ini ada di Sekolah Relawan.
Bukan untuk meninggalkan teman-teman tapi untuk berterimakasih kepada Sekolah Relawan atas terbentuknya CCA, Bertujuan menambah pengetahuan dan membuka peluang pekerjaan untuk kalian. Sehingga kalian memiliki sedikit penghasilan untuk mobilitas setiap kegiatan. iya benar, kemandirian relawan. 

Teringat sebuah kalimat dari anggota CCA, Abdul Khoir.
"Jalan pernah lupakan tempat dimana kita belajar"

Itupula cara kami untuk tidak melupakan Sekolah Relawan sebagi tempat dimana kami belajar. Pengabdian.

Percayalah kawan, kami tidak meninggalkan kalian.
Percayalah kawan, kami tetap dalam barisan.
Percayalah kawan, kami sedang menjaga gerbang terdepan.
Percayalah kawan, kita bisa melakukan sebuah terobosan.

Tentu semua akan tercapai atas semangat dan bantuan kalian.
Visi kami tanpa kalian tak akan terlaksana.
CCA tanpa kalian bukan apa-apa.


Sepetik Harapan untuk Sebuah Perkumpulan

" Teruslah melangkah selama engkau dijalan kebenaran, 
meski terkadang apa yang dilakukan tidak dihargai dan dicaci maki. 
Tak perlu repot menjelaskan siapa dirimu
sungguh yang menyukaimu tak butuh itu 
dan yang membencimu tak percaya itu.
hidup bukan tentang siapa yang terbaik, 
tapi siapa yang MAU berbuat baik.
Jangan menghapus persaudaraan hanya karena sebuah kesalahan,
Namun hapuslah kesalahan demi sebuah persaudaraan. 
Kurangi mengeluh, perbanyak ikhtiar dan berdoa.
untuk kelancaran kita bersama. 
Satukan Visi 
Rapatkan barisan
Insya allah kita akan menang.
Menang dalam menghapus gambaran 
bahwa anak muda hanya bisa hura-hura "


Terimakasih telah membersamai CCA
Terimaksih Bapak Roel Mustafa, Bayu Gawtama, Dony Aryanto dan segenap Crew Sekolah Relawan.

I Love You......
Selamat 1 Tahun Cibinong Clean Action.




your sister...
@sellicely

3 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mantap! Perjuangan baru diulai, teruslah satukan visi dan berkembang lakukan yang terbaik. Indonesia butuh anak muda yang punya jiwa seperti ini. Rapatkan barisan untuk generasi Indonesia yang lebih bauk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin... Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi & selalu bergerak dan menginspirasi.

      Hapus

Made with by OddThemes | Customized by duniaqtoy