NON INTI


 

 

 “THE BEST PEOPLE WHO I EVER HAD”


Keluarga, adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiriatas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah suatui atap dalam keadaan saling ketergantungan.  Menurut Salvicion dan Cells (1998) didalam keluarga terdapat dua atau lebih pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan, atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan didalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan. Keluarga umumnya terdiri dari seorang ayah, ibu dan seorang anak. Mereka adalah keluarga inti yang kita miliki, kedudukannya jelas sangat berharga… namun pernahkah kalian tahu tentang keluarga non-inti? Siapa mereka ?
TEMAN ….. Orang baru yang kita temui dalam kehidupan, tidak ada dalam silsilah keluarga, tidak pula memiliki hubungan darah.

Mereka adalah keluarga non inti kita yang senantiasa mengantikan posisi ayah, bila mana kita membutuhkan perlindungan. Mengantikan posisi ibu, bilamana kita membutuhkan sebuah pelukan. Meganantikan posisi kakak, yang menegur ketika melakukan kesalahan. Mengantikan posisi adik, yang senantiasa menghibur ketika berada dalam kesedihan.


*HENRY AJI WIRANATA

Sanguinis, adalah gambaran orang yang satu ini. Cerdik, cekatan, berisik, ceria, bawel,
gesit, tidak mudah menyerah dan selalu yakin akan kemampuan dirinya dan kemampuan tuhan dalam membantu segala urusannya. Tidak ada yang tidak bisa diselesaikan olehnya. Keyakinan yang kuat membuatnya bisa melakukan apapun yang mungkin orang lain tidak bisa melakukannya. BIG BROTHER begitulah saya menyebutnya. Orang simple yang mengajarkan saya melihat betapa indah dan berharganya dunia yang saya miliki. Melatih saya bagaimana menjadi remaja yang bijak dan dewasa.. hmmm … meskipun sampai saat ini saya masih dalam tahap belajar. Banyak hal yang saya perlajari dari beliau. Beliau pernah berkata :
selama gue masih hidup, gue Cuma pengen berbagai dalam segala hal entah itu ilmu atau harta”
that’s great thing bagi saya :D …
seseorang yang selalu megajarkan saya untuk berfikir luas.. dan tidak menyempitkan suatu permasalahan… “THINK SMART” itulah yang sering beliau ucapkan sebari menempelkan jari telunjuk ke pelipis sebelah kanan. Orang yang selalu terlihat bahagia dan tak pernah sedikitpun terlihat “susah”. hahahaa …  “jangan kaya orang susah” kalimat itu sering diucapkan beliau ketika saya mengeluhkan tentang sesuatu, apapun itu. Tanpa sadar, ternyata kalimat itu memberikan sugesti positif untuk diri saya agar tidak merendahkan diri sendiri … NO EXCUSE FOR EVERY PROBLEM ! gaya kepemimpinannya yang cihuuuyyy membuat saya memanggilnya dengan sebutan BOS GAUL.
Tapi … dibalik semua keceriaan dan kedewasaannya sebetulnya terdapat kesedihan yang mendelam, nah … justru dari situlah beliau bisa menasehati siapapun dengan kalimat-kalimat beliau yang bijak dan luarbiasa. Beliau adalah salah satu inspirasi bagi saya. Thank’s Brother (y).



*MASTURA ARIA

Si Melankolis yang Religius. Sosok yang satu ini adalah teman seperjuangan saya ketika saya masih berada di kampus tercinta. Entahlah apa yang mebuat kami bisa sedekat ini. Bukan karena kami pernah berada dalam organisasi yang sama bukan pula karena kami satu kelompok ketika ospek. Bukan … bukan karena itu .. sampai detik inipun saya tidak mengerti mengapa dia begitu berharga bagi saya. Dia adalah seorang guru religious untuk saya, karena banyak hal tentang agama yang saya tanyakan kepadanya. Kalem, smart, kritis, cengeng bahasa kerennya mudah tersentuh *hahaa…*,  hati-hati dalam berfikir, agak sedikit cuek soal penampilan bahkan terkadang jorok *peace hera :p heheheee…..*
Sesorang yang gemar menulis, tatapan matanya begitu tajam ketika ia melihat ada keganjalan dihadapannya. Itulah yang menandakan betapa kritisnya dia dalam melihat suatu permasalahan. Seseorang yang saat ini lebih berani meluapkan pikirannya lewat sebuah tulisan.
Seorang pembangkit yang luarbiasa bagi saya, karena dialah yang sangat membantu saya ketika keterpurukan menghantui, menggangu disetiap malam yang membuat saya enggan untuk  berdiri.  Dialah yang memberikan seuntai tali dan menarik saya keluar lubang sempitnya hati. Dengan hati ia memberi arti …..  ada kalimat yang selalu saya ingat darinya :
“allah adalah zat yang maha membolak-balikan hati, hadapi, hayati, nikmati segala skenario dari-NYA
entah darimana kalimat itu bermula, hanya saja saya selalu mengingat kalimat itu darinya … yaa .. dari seseorang yang akbar saya panggil maaasssstttuurrrrr :p #Bighug



         *SANTHICA AYU CAHYA SARI WIJAYA

Hahaha …. Pertama kali membaca, pasti kalian semua berkata “panjang aja itu nama” hahaa.. mungkin dulunya santhica lahir dikereta  #hahahaaa….. kaabuurrrrrr…..*
Yap, Santhica si perempuan baja, bhehehee itu sebutan dari saya untuk dia :D . cantik, smart, mudah bergaul, itu gambaran sederhana tentang dirinya. Dia yang super “rame” selalu mampu menaklukan lingkungan disekitarnya. Raut ceria dan gembira selalu terpancar dari wajahnya meskipun itu bertolak belakang dengan hatinya. Hehee .... dia selalu mampu mewujudkan apa yang dia inginkan. Ambisi dan semangat yang selalu beriringan dengan niat yang kuat membuat dia bisa mencapai target demi target yang dia buat. Cita-cita dan angannya begitu besar dan mampu membawanya ke titik yang ia inginkan. Tergolong sebagai perempuan yang kuat dan luarbiasa, konidisi keluarga yang “sangat luarbiasa” tidak membuat dia menjadi anak yang “begajulan” justru membuat dia semakin kuat dan lebih kuat lagi…. Membuat dia lebih semangat dan selalu memberikan keceriaan bagia setiap orang.
HEBAT ! adalah kata yang tepat jika diberikan kepadanya. Kemampuannya mengolah perasaan dari penat menjadi seorang yang hebat. Kami pernah terpisah dulu, Terpisah bukan karena jarak, karena kami masih satu kampus kala itu bahkan satu kelas, tapi kami hampir tak pernah tegur sapa. Entahlah apa yang mebuat kami menjadi seperti itu. Kami pun tidak pernah memahaminya :D  begitu menyedihkan dan menyakitkan bagi saya ketika harus melewati masa-masa akhir kuliah sendirian. Meskipun ada teman yang lain, namun kedudukan dia sebagai sahabat dekat tak pernah tergantikan. 1 tahun di kampus kami lewati dengan tanpa tegur sapa. Luar biasa menyakitkan bukan ? haaa.. tentu saja. Pertama dan terakir kalinya sebelum kami terpisah oleh masa pelepasan kampus (wisuda) foto pertama dengan dia setelah satu tahun tidak tegur sapa sekaligus foto terakir karena terpisah dari masa-masa kuliah. Seiring dengan berkembangnya pendewasaan diri, hari itu 23 Desember 2012 bersama seorang teman yang mengerti sejarah persahabatan antara saya dan santhica memberanikan diri untuk bertemu dengan santhica dan menyucapkan selamat ulangtahun kepadanya J seketika air mata tumpah di wajah kita masing-masing, seoalah paham apa yang sedang kita rasakan. The sweet momen who I ever had. 23 desember 2013 lalu saya mengirimkan sebuah album yang berisi foto kami semasa kuliah… hadiah untuk santhica di usia 22 tahun…
…..sister where ever you go, I never forget your day and our stories J …..


      *ARIE ANGGRAENY

Berisik, bawel, suka bola (chealsea), konyol, perempuan maco hahaa … tomboy maksudnya. Hihiii... dia adalah seorang yang unik. Seorang perempuan yang terlihat tomboy, cuek dan terkadang seolah tidak memperdulikan keadaan sekitar. Seseorang yang memiliki tingkat JAIM yang TINGGI. Hahaaa … maksudnya dia adalah seseorang yang tidak mau terlihat lemah, dia selalu mensugestikan dirinya agar selalu terlihat kuat yang sebenarnya ia memiliki hati yang begitu lembut dan rasa belas kasihan yang begitu besar. Namun semua itu tertutupi karena sikapnya yang seolah cuek. Heyyyy …. Tapi cuek bukan berarti tidak peduli loh. Heheeee…
Arie, teman semenjak saya SMA teman sebangku selama tiga tahun yang menjadi teman sekantor dan menjadi teman satu perguruan *bosen ya … hahahaa*
Oh iya, teman satu perguruan dibawah didikan BOS GAUL … yah betul sekali kami adalah copy-paste nya ka henry, yang saya sebutkan pertama kali.  Hahaaa… walupun kecerdasan bos gaul belum sempurna ter-copy-paste kepada kami. Kami entah apa yang membuat kami (saya, arie, bos gaul) begitu kompak. Satu harapan kami, semoga kami bisa menerapkan segala hal yang diajarkan BOS GAUL. Yeeeahhhh ….. bisa !!!



*PURAWATI WIJAYATI

 Yap, perempuan bergolongan darah B ini memiliki sifat yang hampir sama dengan saya dan hampir sama dengan orang-orang yang saya jelaskan sebelumnya. sama-sama tipe sanguinis. heheeee ... perempuan ini perempuan yang luar biasa yang mengajarkan saya tentang cara mengapai impian dan tidak ada kata menyerah dalam berjuang. love you always sistaaaa .... dulu kami sempat berpisah hanya karena soal laki-laki. hahhaaa ... kalo inget soal itu jadi suka ketawa sendiri. bahakan sampai saling membenci, heheee ... tapi entah apa yang membuat kita bersatu kembali. meskipun saat ini terpisah jarak, tapi tetap saja dia adalah kakak yang patut dicontoh. anak pertama dari 5 bersaudara. membuat dia menjadi sosok yang benar-benar luarbiasa diantara adik-adiknya. sikapnya memang sedikit cuek, namun menyimpan kepedulian yang besar terhadap orang disekitarnya. kedekatannya dengan sang ayah membuat dia menjadi perempuan yang tangguh, banyak hal yang diajarkan oleh sang ayah tentang makna kehidupan dan cara menjalani kehidupan. amazing sister :)


yappp .... itu adalah keluarga non-inti yang saya miliki, memang tak selamanya kita bersama. bahkan saat ini jarak antara saya dengan mereka memang jauh. namun bagi saya nama mereka akan selalu saya bawah dan saya ceritakan kepada anak cucu saya kelak :)

tanpa sadar, kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang memiliki background yang sama dengan saya, "mencari kebahagiaan diluar rumah". siapa bilang kondisi keluarga yang tidak begitu harmonis dapat merusak moral seorang anak ? memang ada beberapa anak yang demikian, namun itu tidak berlaku kepada kami, (saya dan orang-orang yang saya sebutkan diatas). sudah terlihat beberapa prestasi yang terlahir dari orang-orang yang saya sebutkan itu. 

untuk kalian yang saat ini berada dalam kondisi keluarga yang begitu pelik, membuat sakit. tetaplah tabah dan terus melangkah ... hidup kita hanya sekali, rugi jika digunakan untuk menyakiti diri sendiri. 


*sellicel*

Posting Komentar

Made with by OddThemes | Customized by duniaqtoy