Dan Tersenyumlah ^_^




Tulisan ini hanyalah resume dari sebuah buku yang belum lama ini selesai saya baca. Membuat saya ingin sedikit menyampaikan pesan yang telah saya tangkap dari buku tersebut. Kaum remaja sangat mengenal tentang cinta dan patah hati. Cinta dan patah hati kerab dekat hubungannya. Jangan bermain dengan cinta kalu tak ingin patah hati. Sakitnya patah hati tidak dapat dilukisakan dengan sesuatu yang dapat anda bayangkan. Ada rasa sakit yang mencengkeram dada dan mengiris-iris pedih, seperti hidup ini harus segera diakhiri saat itu juga. Air mata dengan mudahnya mengalir, sementara tenaga dan fikiran menjadi kosong.

Para ilmuan mengadakan penelitian untuk mengetahui mengapa perasaan sedih dan sakit hati bisa benar-benar terasa sakit seperti layaknya siksaan pada tubuh. Ilmuan itu melakukan scan dengan MRI kepada 40 wanita yang sedang patah hati, kemudian meminta mereka untuk memandang foto mantan kekasih yang tentu saja membuat semakin perih hatinya. Saat merasakan perih ini, kembali ilmuan melakukan scan MRI.

Tahap selanjutnya, para responden diberikan ransangan rasa sakit di badan mereka berupa panas yang tidak membuat melepuh, namun cukup untuk memberikan sedikit sengatan dan terasa perih. Percobaan ini diamati dengan scan MRI untuk melihat aktivitas otak yang terjadi.

Ternyata ketika cinta ditolak, dihianati, atau dipisahkan sehingga wanita itu mengalami sakit hati, bagian otak yang merespon adalah bagian yang sama dengan perespon rasa sakit secara fisik, seperti kulit yang terbakar.

Para pakar dari Universitas Birmingham menyimpulkan bahwa perasaan kehilangan yang berlarut-larut dapat berujung pada kematian. Kesedihan yang intens dan mendalam dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Dalam keadaan kekebalan yang lemah, tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Ketika tubuh tetap rentan dengan infeksi, ia tak mampu melawan. Semakin lama, infeksi semakin berkembang dan mengancam nyawa.

Fungsi neutrofil ( sejenis sel darah putih ) dalam tubuh menjadi terganggu jika tingkat stres dan depresi akibat patah hati terus menerus berlanjut semakin tinggi. Neutrofil yang terganggu membuat tubuh tak mampu mencegah gangguan kuman dari luar sehingga ia mudah terserang penyakit berbahaya. Kemampuan neutrofil dalam melawan bakteri lebih rendah pada orang yang mengalami patah hati, karena kadar hormon stres kortisol mampu menekan aktivitas neutrofil.

Jadi ... mengapa masih ada orang yang larut dalam kesedihan karena patah hati ? itu karena jiwanya jauh dari Allah Rabb semesta alam. Ia merasa sendiri dan tiada penolong baginya.






Lantas ... apa obat dari patah hati ?

Tidak ada yang diharapkan dari patah hati. Tenggelamnya seseorang dalam kesedihan, sedalam apa pun, tidak akan memberikan kebaikan dan manfaat.

Patah hati bukan penyakit kondisi yang sulit diobati. Ia hanyalah perasaan yang diperturutkan tanpa memikirkan akibatnya.

Jangan mengingat kembali komitmen atau perjanjian anda dengan sang mantan kekasih hati. Mengigat apa yang menjadi komitmen dan janji hanya akan menjadikan anda semakin larut dan merasa tidak dapat lepas darinya.

Jangan perturutkan keinginan untuk mengenang kembali saat-saat indah dengannya. Jangan mengulang rasa kagum anda kepadanya, dan jangan lagi memujanya. Ingat, anda sedang menjauhkan hati darinya.

Jangan memandang diri anda sebagai seorang yang rapuh. Anggapan ini hanya membuat anda merasa benar-benar rapuh dan terpengaruh untuk tidak segera bangkit. Pandanglah diri anda sendiri sebagai orang yang kuat dan bangkitlah segera.

Ungkapkan kesedihan itu kepada orang yang anda percayai, tapi ... jangan mengulang kronologi cerita terlalu sering karena hal tersebut hanya akan membuat anda lebih sakit hati. Pengalaman bercerita akan kenangan baru, dan melepaskan kenangan lama yang pahit.

Katakan sepenuh yakin bahwa keputusan anda untuk berpisah adalah tepat dan telah menjadi pilihan anda secara matang. Sibukkan diri anda dengan perencanaan masa depan dan peluang-peluang yana akan memajukkan anda. Buatlah daftar rincian pekerjaan esok hari. Butlah rencana amal saleh untuk beberapa tahun kedepan. Buatlah daftar kemungkinan-kemungkinan rencana lain jika rencana itu tidak terlaksana.







Nikmatilah hidangan Allah saat anda sedang patah hati ....
Sejumlah makanan tertentu mengandung nutrisi untuk meringankan perasaan sedih dan tertekan akibat patah hati. Mengkonsumsi makanan ini dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan rileks.
Makanlah sup sayur kesukaan anda dalam kondisi yang hangat. Ini adalah hidangan yang dapat menenangkan suasana hati dan mengembalikkan semangat yang hilang. Ia menyuplai kembali sejumlah mineral penting dan cairan tubuh anda.
Minumlah cokelat panas dan segelas susu. Cokelat dan susu kedelai atau susu sapi dapat menjadi pilihan karena mengandung protein dan kalsium yang tinggi. Senyawa alami dalam cokelat meningkatkan gairah dan rasa bahagia. Minumlah teh hangat. Teh hitam yang diminum empat kali sehari dapat mengurangi hormon korsitol pemicu stres. Teh hijau mengandung Theanin yang meningkatkan relaksasi otak. Beban pikiran menjadi terasa ringan dan seperti tanpa masalah.

Jangan berlama-lama dalam keadaan patah ahti. Allah mengutus jibril untuk mencintai setiap hamba yang dicintai olehh-Nya.

Dalam sebuah hadits shahih, Rasulullah bersabda yang artinya:

" Sesungguhnya jika Allah mencintai seorang hamba, Dia akan Berfirman: " wahai jibril Aku mencintai si Fulan, maka cintailah dia!" lalu jibril pun mencintainya. Lalu jibril berseru kepada penduduk langit: Sesungguhnya Allah mencintai si Fulan, maka cintailah dia!" maka penduduk langit pun mencintainya. Kemudian ia dikaruniai dengan diterimanya di muka bumi." (HR. Bukhari dan Muslim)

Sungguh betapa beruntungnya seorang hamba bila ia mampu mendapatkan cinta kasih Allah S.W.T  karena seisi langit turut mencintainya.

Penyakit cinta menimpa orang-orang yang hatinya kosong dari rasa cinta kepada Allah, berpaling dari-Nya dan dipenuhi kecintaan kepada selain-Nya. Hatinya tidak memiliki cinta kepada Allah dan tidak merindukan bertemu dengan-Nya.

Penyakit cinta juga menimpa orang-orang yang memuja keindahan selain Allah. Mereka sempit hatinya dan mengira bahwa seseorang yang dicintainya itu adlah keindahan yang sesungguhnya. Rasulullah sangat mecintai Khadijah dan Aisyah, demikian juga istri-istri yang lain. Ali mencintai Fatimah. Namun kecintaan mereka kepada kekasih (istri) tidak menyamai cintanya kepada Rabbnya yang Maha Mencintai. Kecintaan orang-orang mulia ini senantiasa terjaga dari panah setan.

Permasalahannya, bagaimana bila kita sudah tercebur dalam lautan cinta terhadap sosok selain Allah dan cinta itu terlanjur bergejolak, bagaikan samudera yang sedang dilanda badai. Saat dada ini sudah terlanjur bergemuruh karena jatuh cinta. Obat paling manjur adalah dengan Menikah.

Dalam shahihain dari riwayat Ibn Mas'ud r.a, bahwa Rasulullah bersabda, yang artinya : " Hai sekalian pemuda, barangsiapa mampu menikah, maka hendaklah dia menikah. Barangsiapa belum mampu, maka hendaklah berpuasa. Karena puasa dapat menahan dirinya dari ketergelinciran ( kepada perbuatan zina ) " 

Diriwayatkan dari Ibn Abbas, bahwa Rasulullah bersabda, yang artinya : " Aku tidak pernah melihat ada dua orang yang saling mengasihi selain melalui jalur pernikahan. " HR. Ibnu Majah )




Bagi mereka yang telah dilandai cinta, akan sangat sulit untuk melepaskan seseorang yang sudah terlanjut ia cintai. Namun ingatlah, jika semakin lama anda melungur waktu untuk segera berpaling darinya, maka akan semakin larut anda dalam kegalua-an yang luarbiasa.

Tinggalkanlah dia yang saat ini sedang bersama anda tanpa ada ikatan halal yang mempersatukan anda dengannya. Tegakah anda menghianati seseorang yang telah digariskan menjadi pendamping hidup anda dengan mencintai dan membiarkan diri anda bersama dengan oranglain yang belum tentu akan bersama anda selamanya?
Sekali lagi .... Tidak ada jaminan, meski anda telah melewati hari bersamanya berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sekalipun.

Jika anda benar mencintainya, bukan dengan memacarinya melainkan menikahinya.
Jika tidak memungkinkan bagi anda untuk segera menikah karena alasan syar'i, maka berpuasa adalah jalan kedua yang akan menyelamatkan anda.

Kerinduan akan sang pujaan hati dapat membuat hati manusia terluka. Seorang hamba Allah ingin bertemu dan berdekatan dengan sang kekasih, tetapi keinginan itu tak pernah sampai, lalu jiwanya terbakar oleh pikiran-pikiran yang liar.  Ia terkurung dalam kesendirian dan menjadi gila karenanya. Hatinya seperti kayu yang dilahap rayap, semakin lama semakin terkikis, dan lemah. Hilangnya akal dapat membunuh dirinya dalam kematian yang hina.

Lupakan kenangan masa lalu yang pedih, Jangan pikirkan dia bahagia atau tidak bersama orang yang ditakdirkan oleh Allah menjadi belahan jiwanya. Jangan mencar-cari alamatnya jika tidak ada keperluan yang diisyaratkan oleh Allah untuk menjumpainya. Jangan mencari nomor telepon atau penghubung apa pun yang menjadikan hubungan terulang kembali dan benih-benih rindu semakin berkembang. Jangan menyimpan catatan harian tentang kisah masa lalu yang pedih. Jangan menyimpan hadiah atau peninggala dia yang membuat anda mengingatnya kembali. Jangan mendatagi tempat-tempat yang sering dikunjungi olehnya, kecuali ada keperluan yang sangat mendesak.

Ikhlaskan hanya kepada Allah. Ikhlaskan semua yang anda rasakan kepada Allah. Ikhlaskan kekecewaan, harapan, dan penantian karena Allah. Mohonlah agar Allah menolong anda dengan cara terbaik yang dimiliki oleh-Nya. Allah akan memilih anda, menghidupkan hati anda. Dia yang maha penyayang akan mengusir setan yang mempengaruhi jiwa anda.

Mohonlah kepadanya. Allah membolak-balikkan hati hamba-Nya. Mintalah keteguhan hati untuk selalu condong dan berharap kepada-Nya. Menghadaplah kepada-Nya. Mohonlah untuk dilepaskan dari kesulitan penyakit rindu yang terasa megoyak-ngoyak hati dan menyengsarakan.

Jika anda mengantuk, maka obat paling mujarab adalah menidurkan badan anda. Jika anda lapar, maka obat paling mujarab adalah makan. Jika anda merindukan seseorang yang layak anda rindukan, maka obat paling mujarab adalah segera menikah dengannya. Pernikahan telah mencukupkan segala kebutuhan jiwa dan menambah berkah. Pernikahan memadamkan berbagai gejolak asmara, meski anda tetap disyariatkan memperjuangkan rasa bahagia itu.

Jika ia tidak pantas untuk anda rindukan atau belum saatnya anda rindukan, sesungguhnya merindukannya adalah kesia-sian. Sibukanlah diri anda dengan hal-hal yang bermanfaat baik didunia maupun akhirat, sebab rindu datang dari pikiran yang longgar. Gantilah lagu-lagu yang biasa membuat anda semakin mabuk akan cinta menjadi lagu nasyid yang mengobarkan perjuangan, atau nasihat-nasihat yang membangkitkan. Hiburlah diri anda dengan senandung khuyuk Al-Qur'an. Ia akan menentramkan anda.

Jika ia yang anda rindukan itu layak dirindukkan, jadikan kerinduan itu sebagai bahan bakar semangat anda melaju langkahan kaki untuk menjemput prestasi dan rezeki yang Allah janjikan kepada hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. Buatlah kerinduan itu sebagai perbekalan untuk berjuang. Kerinduan adalah momentum untuk memberi bukti kepada Allah, Bahwa diri ini mampu diandalkan untuk membela agama-Nya. Gantilah wajahnya yang membayang di hati dengan wajah orang-orang yang lucu yang butuh kalimat-kalimat dakwah dari mulut anda. Gantilah ia dengan wajah anak-anak polos yang ingin mengaji yang memanggil-manggil nama anda. Gantilah ia dengan wajah ayah dan bunda yang menanti anda untuk diangkat derajatnya.
dan Aakhirnya tibalah kita kepada kebahagiaan yang dinanti dengan terus berada dijalan ilahi. Aamiin.


*semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

Made with by OddThemes | Customized by duniaqtoy